7 TIPS BAYI TIDUR NYENYAK DI MALAM HARI - Papiilio

7 TIPS BAYI TIDUR NYENYAK DI MALAM HARI

Fungsi tidur bagi bayi di malam hari


Tidur di malam hari banyak memberikan manfaat bagi si kecil lho, selain untuk mengatasi kelelahan setelah menjalani aktivitas seharian, tidur berfungsi juga untuk regenerasi sel2 di dalam tubuh si kecil.

Seiring bertambahny usia, jam tidur bayi kita juga akan mengalami perubahan.

Bagi sebagian orang tua yang baru memiliki anak tentu saja akan mengalami kesulitan dalam membuat jadwal tidur anak yang teratur. Bisa saja dia tidur dari sore sampai dengan tengah malam, dan tidak tidur lagi sampai subuh atau pagi hari. Lama kelamaan tentu saja akan membuat stress bagi orang tua yang menjaganya, apalagi bagi ibu yang masi memberikan ASI dan perlu bekerja keesokan harinya. Tentu saja akan mengalami kewalahan.

Di bawah ini saya akan membagikan beberapa tips yang bisa dicoba agar bayi anda tidur nyenyak di malam hari, antara lain adalah :


  1. Buat jadwal tidur yang teratur
  2. Bedakan antara siang dan malam
  3. Ciptakan kondisi ruangan yang tidak bising
  4. Meredupkan lampu ruangan saat ingin tidur di malam hari
  5. Hindari langsung tidur setelah makan
  6. Jangan terburu2 dalam menidurkan bayi
  7. Biasakan membaringkan bayi di tempat tidur sebelum tetidur pulas

Apabila setelah melakukan tips di atas masi belum berhasil, mungkin saja ada penyebab lain bayi susah tidur.

Baca juga : Ciri anak stunting dan cara menghindarinya

Mari kita lihat kira2 apa penyebab bayi susah tidur di malam hari  

1.Bayi kelaparan

Karena belum bisa berkomunikasi tentu saja bayi kita tidak akan melaporkan bahwa dia lagi lapar. Umumny bayi yang baru lahir memang membutuhkan makanan yang lebih sering. Siapkan ASI untuk si kecil apabila ada tanda2 bayi lagi kelaparan.

2.Bayi terlalu lelah

Saat terlalu lelah bukannya bayi anda langsung terlelap, bisa jadi bayi anda menjadi lebih rewel dikarenakan kondisi badannya yang kecapekan.

3.Bayi masi pengen bermain

Mempunyai bayi yang lucu dan menggemaskan tentu saja membahagiakan sekali, tak pelak orang tua selalu mengajak main. Dikarenakan terlalu senang bermain dengan anda bisa saja si kecil larut dalam kegembiraan dan tidak mau tidur. Hindari mengajak main bayi jika sudah mendekati jam tidurnya.

4.Jam biologis bayi yang belum stabil

Tiap2 bayi memiliki jam biologis yang berbeda2 sesuai dengan tumbuh kembangnya. Bantu bayi anda menentukan jam tidurnya yang lebih teratur.

Baca juga : Pentingnya sendawa setelah menyusui

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel