Pentingnya Sendawa Pada Bayi Baru Lahir - Papiilio

Pentingnya Sendawa Pada Bayi Baru Lahir

Apa itu sendawa??

Sendawa bisa diartikan sebagai cara dari tubuh kita dalam mengeluarkan gas yang tidak diperlukan di dalam lambung,  yang apabila tidak dikeluarkan bisa menyebabkan perut kembung.

Bayi sendawa tanda apa?

Apakah benar bayi akan bersendawa setelah kenyang? 

Saat bayi minum melalui payudara atau menggunakan botol susu, terdapat gelembung udara yang ikut masuk ke dalam lambung melalui minumannya. Untuk mengatasi kembung yang berlebih sangat disarankan untuk bayi agar dapat bersendawa setelah minum susu. Jadi belum tentu bayi kenyang ditandai dengan bersendawa ya, bisa saja dikarenakan jumlah gas yang masuk ke dalam lambung cukup banyak.


Fungsi sendawa setelah menyusui :

1.Menghindari gumoh
Gumoh adalah dimana keluarnya susu yang baru diminum bayi dari mulut, hal ini disebabkan banyak ny udara yang tersimpan di perut bayi yang mestiny dikeluarkan agar susu yang diminum bisa ditampung oleh bayi.

2.Mencegah perut kembung
Udara yang terkurung di dalam perut nda dikeluarkan bakal menyebabkan perut kembung. Maka baiknya perlu disendawakan setelah menyusui apabila bayi belum bisa bersendawa sendiri.

3.Mengatasi rewel pada bayi
Jika bayi anda rewel bisa jadi salah satu penyebabnya dari perut kembung, segera periksa perut bayi sehingga tidak rewel terus menerus.

Baca juga :


Cara mengatasi bayi susah sendawa!!


Nah ini persis seperti yang dialami bayi saya sendiri dimana pada usia 0-6 bulan, bayi saya susah bersendawa. Diakibatkan tidak bisa bersendawa maka bayi pun rawan gumoh, cara menyiasati nya dengan menggendong bayi dalam keadaan tegak, sambil ditepuk2 lembut di daerah sekitar punggung sampai bayi bisa bersendawa. Cara ini terbukti cukup efektif bagi bayi yang susah bersendawa. Jangan langsung dibaringkan setelah menyusui ya, karena bakal lebih sering gumoh.

Berdasarkan pengalaman pribadi, bayi saya bisa bersendawa sendiri pada usia kurang lebih 6 bulan. Sebelum 6 bulan perlu disendawakan setelah menyusui untuk mengurangi gumoh. Setelah bayi bisa bersendawa sendiri dijamin gumoh setelah menyusui juga bakal makin berkurang dengan sendirinya. Thanks god tidak banyak baju lagi yang jadi korban gumoh bayi saya.

Apakah sendawa yang terus menerus normal?

Saat gas di dalam lambung telah habis keluar, sendawa akan berhenti dengan sendirinya. Jadi untuk hal ini tidak perlu dicemaskan selama anak anda tidak rewel dan gelisah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel