Hindari 8 Hal Ini Saat Ingin Mengunjungi Newborn - Papiilio

Hindari 8 Hal Ini Saat Ingin Mengunjungi Newborn

PapiiLio – Apa yang dimaksud dengan newborn? Biasanya kata newborn akan disematkan pada bayi yang baru saja dilahirkan, bisa digunakan pada bayi dengan rentang usia 0-12 bulan. Tentunya orang tua akan familiar dengan kata yang satu ini karena juga terdapat pada bungkus-bungkus diapers.

newborn

Mengunjungi keluarga maupun teman yang baru saja memiliki anak atau newborn bisa jadi merupakan suatu hal yang menyenangkan. Selain dapat bersilaturahmi juga dapat melihat kelucuan dedek bayi yang baru saja dilahirkan. Selain membawa kado dan itikad baik dalam berkunjung sebaiknya anda menghindari beberapa hal seperti di bawah ini.

Hal yang sebaiknya dihindari saat mengunjungi newborn

1.Berkunjung tanpa membuat janji terlebih dahulu

Walaupun yang ingin dikunjungi keluarga ataupun sahabat karib, sebaiknya membuat janji terlebih dahulu. Karena proses melahirkan yang baru saja dijalankan oleh sang ibu bisa jadi tidak mudah dan mungkin si ibu memerlukan waktu untuk beristirahat, bisa jadi dengan kedatangan anda malah mengganggu waktu istirahat yang diperlukan oleh sang ibu dalam proses pemulihan setelah melahirkan.

Dan juga untuk menghindari apabila ada jam besuk yang diterapkan pihak rumah sakit, jadi sebaiknya sebelum berkunjung akan lebih baik membuat janji terlebih dahulu dengan pihak yang bersangkutan.

2.Berkunjung terlalu lama

Setelah melahirkan tentunya ibu dan bayi perlu waktu untuk berdua juga, selain untuk menyusui tentunya untuk keduanya agar bisa beristirahat. Nah ini akan susah apabila anda bertamu dalam waktu yang terlalu lama, sebaiknya sadar diri dalam menentukan waktu dan lamanya berkunjung demi kebaikan kedua belah pihak juga. Karena tidak mungkin ada yang tega mengusir tamu bukan.

3.Mencium, menggendong dan memeluk tanpa ijin orang tua terlebih dahulu

Tidak semua orang tua yang senang melihat anaknya tiba-tiba di gendong ataupun di cium oleh orang lain. Demi menghindari hal seperti ini sebaiknya meminta ijin terlebih dahulu pada orang tua yang bersangkutan bukan. Hal seperti ini memang sering terjadi sih apabila ada yang datang berkunjung, mungkin karena tidak tahan dengan kegemasan newborn kali ya.

4.Tidak mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer sebelum menyentuh newborn

Kita tidak tahu seberapa banyak virus maupun bakteri yang tertempel di badan kita, untuk menghindari penyebaran ini sebaiknya mencuci tangan menggunakan sabun terlebih dahulu atau minimal menggunakan hand sanitizer. Dilarang keras langsung bersentuhan dengan newborn sebelum melakukan kedua hal tersebut. Hal ini juga bagus untuk menghindari apabila ada alergi yang dimiliki oleh bayi.

Baca juga :



5.Terlalu ceplas-ceplos dalam mengkomentari penampilan bayi

Rambutnya tipis ya, idungnya ngumpet dimana tuh, kog matanya tidak ada lipatannya. Komentar-komentar seperti ini kurang pantas kita ucapkan di depan orang tua bayi. Bukannya dilarang untuk berkomentar ya, tapi sebaiknya jangan juga memberikan komentar yang dapat menyakiti perasaan dari orang tua.

Mereka baru senang-senangnya memiliki anak eh malah dihancurkan oleh komentar-komentar yang kurang enak di dengar. Jangan mengikuti komentar julid netijen di dunia maya ya.

6.Memfoto dan memposting foto tanpa seijin orang tua

Di jaman sekarang memang tidak bisa jauh dari yang namanya foto dan posting di sosmed, tapi jangan lancang ya. Jangan sampai anda tiba-tiba memfoto dan memposting tanpa seijin dari orang tua, tidak semua orang tua seperti anda yang mungkin menyukai foto dan sosmed. Privacy di jaman sekarang memang lebih susah di dapatkan karena social media.

7.Memberikan komentar dan nasihat-nasihat yang kurang pantas

Mungkin anda lebih berpengalaman dalam merawat newborn, tapi jangan sampai menggurui juga ya dalam memberikan nasihat-nasihat. Karena bisa jadi anda di cap orang yang sok tahu, berikanlah masukan dan nasihat-nasihat yang secukupnya, bukan karena mereka tidak mau mendengarkan. Mungkin bisa jadi karena mereka juga masi lelah karena menerima banyak nya tamu yang berkunjung sehingga kurang waktu untuk beristirahat, jadi harap dimaklumi saja ya.

8.Berkunjung di saat waktu yang kurang tepat

Waktu-waktu kapan sih yang sekiranya kurang tepat untuk mengunjungi newborn?

  • Saat newborn sedang tidur
  • Saat bukan jam besuk
  • Saat terlalu pagi
  • Saat sudah terlalu larut
  • Saat jam menyusui

Sebaiknya anda tidak berkunjung saat-saat seperti di atas demi kebaikan ibu dan bayi


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel