Cara Membatasi Screen Time Anak - Papiilio

Cara Membatasi Screen Time Anak

PapiiLio - Dijaman sekarang yang serba modern dan gadget menjadi kebutuhan primer apakah mungkin kita membatasi screen time pada anak? Dimana orang tua jaman sekarang malahan menjadikan gadget sebagai senjata menghadapi anak agar tidak rewel atau sekedar membuat anak menjadi lebih fokus disaat menyantap makanan.

screen-time-anak;

Apa sih urgensinya membatasi screen time pada anak sejak usia dini? Karena screen time berlebih pada anak dapat menyebabkan gangguan pada fisik, mental dan emosi anak lho.

Dibawah ini merupakan beberapa cara bagi anda orang tua yang ingin membatasi screen time pada anak, caranya adalah :


1.Memberikan aturan jelas tentang screen time

Dengan memberikan batasan jelas pada anak dalam menerapkan screen time sehari-hari, jangan sampai membiarkan anak berada di depan layar televisi atau gadget lebih lama dibandingkan waktu bermain dengan orang tua atau berkativitas di luar ruangan.

  • Untuk anda yang memiliki anak di bawah usia 18 bulan disarankan tidak menggunakan gadget jenis apapun untuk kegiatan apapun baik itu untuk sekedar menonton atau dengan tujuan edukasi.
  • Sedangkan pada usia 18-24 bulan mulai bisa memberikan screen time dengan tujuan edukatif disertai dengan pendampingan dari orang tua.
  • Bagi anak yang telah berusia 2-5 tahun disarankan tidak melebihi 2 jam dalam sehari. Usahakan tetap terus mendampingi agar bisa saling bertukar pandangan atau berdiskusi tentang apa yang baru saja di tonton.

2.Memberikan alternatif kegiatan

Arahkan anak untuk melakukan kegiatan yang lebih bermanfaat dibanding sekedar berada di depan layar televisi atau gadget.

Melakukan kegiatan di luar ruangan seperti :

  • Bermain bola
  • Main layangan
  • Main kejar-kejaran

Memiliki keuntungan yang lebih banyak atau bisa juga bermain bersama orang tua ataupun teman dengan permainan edukatif, yang tentunya dapat merangsang motorik dan kognitif anak agar dapat berkembang lebih cepat.

3.Menemani anak saat sedang menonton

Sebisa mungkin orang tua memberikan pendampingan di saat anak menonton, karena banyak nya sekarang tontonan yang bisa di akses anak secara bebas tapi belum tentu sesuai dan layak untuk di tonton. Jadi merupakan tugas orang tua dalam menyaring jenis tontonan apa saja yang sekiranya memberikan edukasi atau yang belum pantas untuk di tonton anak dengan usia nya yang sekarang.

4.Menjadi Role Model
Jadilah panutan yang pantas untuk ditiru oleh anak, bagaimana caranya? Anak paling gampang meniru tingkah laku orang-orang yang berada di sekitarnya. Jadi singkatnya apabila anda tidak ingin anak kecanduan gadget ya sebaiknya jangan terus main gadget di depan anak bukan.

Hal paling simple yang perlu anda lakukan sebelum membatasi screen time pada anak adalah ya menjadi role model mereka. Jadi ke depannya anda tidak perlu kesusahan dalam membatasi anak dalam bermain gadget.

5.Membuat lingkungan anak screen-free

Jangan memasang televisi di kamar anak, pasanglah televisi di ruang keluarga sehingga anda juga bisa memantau secara lebih baik apa saj kira-kira tontonan yang di gemari anak. Apabila anda memasang televisi di dalam kamar akan lebih susah untuk mengontrolnya.

Jangan memberikan gadget sejak usia dini, inilah kesalahan paling umum yang biasanya dilakukan oleh orang tua. Dengan tujuan anaknya agar tidak ketinggalan jaman, tapi ternyata berdampak kurang baik bagi perkembangan anak. Jangan sampai anak anda menjadi kecanduan terhadap gadget dan lebih memilih menghabiskan waktunya bersama gadget dibanding dengan anda.

Ingat masa kecil tidak akan terulang lagi, jadi lakukakanlah apa yang bisa anda lakukan dengan sebaik-baiknya tanpa perlu menyesal di masa depan.

6.Melakukan tindakan tegas

Bagi anak yang telah kecanduan gadget perlu tindakan tegas dari orang tua agar mereka tidak perlu semakin terjerumus. Bisa dengan cara memutus wi-fi dan menyita tablet atau gadget mereka. Terkadang demi kebaikan anak memang perlu tindakan tegas orang tua. Tindakan tegas berbeda dengan tindakan kasar ya, jangan sampai juga anda bertindak kasar dan mengatasnamakan ketegesan demi kebaikan.

Berikanlah gadget pada anak apabila umurnya sudah cukup dan memiliki rasa tanggung jawab. Jangan membiarkan anak memakai gadget sejak usia dini hanya untuk sekedar eksis di social media atau menonton youtube. Batasi penggunaan screen time anak secara bijaksana.

Semua balik lagi kepada orang tua masing-masing, setiap keluarga memiliki cara mendidik anak yang berbeda-beda.

cara-membatasi-screen-time-anak


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel