Pentingnya Makan Bersama di Meja Makan Bersama Keluarga - Papiilio

Pentingnya Makan Bersama di Meja Makan Bersama Keluarga

Keuntungan yang didapat dengan makan bersama di meja makan



Jaman dahulu orang tua kita mengajarkan makan harus di meja makan, tidak boleh melakukan kegiatan lain di meja makan selain untuk menyantap makanan baik itu membaca buku atau bermain handphone, malahan dijaman dulu yang lebih strict/ketat saat berkumpul makan tidak boleh berbicara satu dengan yang lain. Karena balik lagi ke fungsi meja makan adalah tempatnya kita menyantap hidangan tanpa mengalami gangguan yang lain.

Tetapi lama kelamaan tradisi tersebut makin lama makin terabaikan. Tidak jarang satu keluarga makan secara sendiri-sendiri di tempat terpisah karena banyaknya kesibukan, ataupun sekalinya makan di satu meja tetapi semuanya pada sibuk dengan gadget masing-masing. Hal ini sangat lumrah kita lihat ya sekarang ini.

Jaman sekarang kita lebih focus pada kehidupan social dibalik gadget, dibanding kehidupan nyata. Orang jaman sekarang cenderung lebih senang mendapat pengakuan di dunia social. Makan sekarang ini kurang lebih telah beralih fungsi, alih-alih untuk mengenyangkan perut, makan sekarang merupakan ajang untuk pamer atau berbagi hidangan yang kita makan dengan orang-orang di media social yang belum tentu semuanya kita kenal.

Contohny sebelum melahap kita bakalan memfoto makanan itu terlebih dahulu lalu menyebarkan nya di media social seperti instagram, whatsapp, ataupun facebook.

Balik ke topic, tentang penting ny makan bersama di meja makan.

Baca juga : Manfaat menjemur anak di pagi hari

Manfaat yang kita dapatkan dari berkumpul bersama di meja makan :

1.Menjadi satu momen berkumpul bersama dan saling bertukar cerita
Back to real life, inilah yang namany kehidupan dimana kita mestinya bertukar cerita dengan teman ataupun keluarga yang kita kenal. Cobalah menerapkan aturan dilarang menggunakan gadget di meja makan sehingga kita akan memiliki quality time. Kita bisa mendengarkan apa saja yang dilakukan anak kita seharian di sekolah.

2.Mengajarkan etika dan tata krama yang baik
Balik ke fungsinya masing-masing, toilet adalah tempat buang air, bioskop tempatnya menonton film dan meja makan adalah tempat kita menyantap hidangan. Etika makan yang baik bisa menjadi salah satu benchmark  terhadapa ajaran orang tua. Biasakan mengajarkan hal ini kepada anak kita agar kelak etika dan tata krama ini akan terbawa hingga dewasa.

3.Menjadi salah satu cara bonding terbaik
Saling bertukar cerita dan tertawa lepas bisa menjadi cara memperkuat ikatan antara satu dengan yang lain. Jadikan saat berkumpul di meja makan sebagai tempat untuk berkumpul setelah seharian sibuk dengan aktivitasny masing-masing.

Baja juga : Cara membersihkan kuping anak

4.Mengurangi kebiasaan makan sambil bermain gadget
Banyak kita jumpai anak jaman sekarang banyak yang mau makan apabila sedang bermain atau nonton di gadget. Orang tua yang malas ingin mengambil jalan pintas dengan menggunakan gadget agar anak lebih gampang makan. Ternyata hal ini kurang baik karena focus anak akan terpecah dan susah konsentrasi. Lebih baik biasakan makan bersama di meja makan dengan tidak menggunakan gadget. Sebisa mungkin dibiasakan sejak usia dini.

5.Berdampak positif bagi perkembangan anak
Anak akan lebih bisa berbagi cerita dengan orang tua, berkumpul bersama dan saling berbagi cerita akan memberikan kehangatan. Dan juga  anak akan merasa lebih diperhatikan oleh kedua orang tuanya. Aura positif seperti ini akan memberikan dampak yang baik untuk tumbuh kembang anak.

6.Dapat mengurangi stress
Anak yang bisa berbagi cerita dan keluh kesahnya terbukti dapat menjadi lebih aktif dan tidak banyak beban. Saat berkumpul dengan orang terdekat tentu memberikan rasa bahagia, sehingga tanpa kita sadari dapat mengurangi rasa stress yang berlebih.

7.Dapat mengontrol makanan anak
Dengan berkumpul bersama kita dapat mengetahui apa saja yang dikonsumsi anak kita. Beda dengan melepaskan anak sering jajan diluar. Dan tentu saja orang tua bisa mengontrol asupan gizi dan nutrisi yang diperlukan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel