Tips Mengatasi Anak Yang Mengalami Sesak Nafas - Papiilio

Tips Mengatasi Anak Yang Mengalami Sesak Nafas

Orang tua mana yang menginginkan anak nya sesak nafas, apalagi kejadian ini terjadi secara tiba-tiba. Dibawah ini beberapa tips apabila anak tiba-tiba mengalami kejadian yang kurang mengenakkan contohnya sesak nafas.

anak-sesak-nafas

1.Jangan panic

Usahakan anda tidak panic terlebih dahulu agar dapat menguasai situasi saat kejadian. Ambil nafas yang dalam dan tenangkan dulu diri anda agar dapat memulai pertolongan pertama. Bisa sambil mengajak anak berbicara yang bertujuan untuk menenangkan kondisi anak.


2.Melonggarkan pakaian

Apabila pakaian yang digunakan terlalu ketat bisa menjadi salah satu penyebab anak akan mengalami sesak nafas. Longgarkan terlebih dahulu pakaian yang digunakan.

3.Memposisikan anak dalam keadaan duduk

Apabila terjadi sesak nafas sebaiknya tidak memposisikan dalam keadaan tidur terlentang dikarenakan dapat menyumbat saluran pernafasan dan akan menyebabkan sesak nafas bisa menjadi semakin parah. Posisi terbaik adalah dalam posisi duduk.


4.Memijat perlahan pada daerah syaraf paru-paru yang terletak di antara jempol dan jari telunjuk kaki. Pijatan ini untuk memperlancar saluran pernafasan.


5.Memberikan minyak atau wangi-wangian

Minyak atau wangi-wangian yang diciumkan dapat membantu membuka saluran pernafasan sehingga akan merasa jauh lebih baik.

6.Meminta pertolongan medis

Apabila hal di atas telah dilakukan tetapi tidak mengalami perkembangan pada anak maka sebaiknya segera meminta pertolongan anggota medis sehingga dapat ditangani secara professional.

Baca juga :


Cara mencegah sesak nafas

  • Apabila sesak nafas disebabkan karena alergi, sebaiknya menghindari pemicu yang dapat menyebabkan bisa kambuh
  • Cukup beristirahat agar tubuh dalam keadaan fit
  • Menggunakan pakaian yang tidak terlalu sempit
  • Pergi periksa ke dokter

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel