Breakfast, Seberapa Pentingnya Bagi Kesehatan Tubuh Kita? - Papiilio

Breakfast, Seberapa Pentingnya Bagi Kesehatan Tubuh Kita?

Banyak sekali dari kita yang menganggap remeh breakfast, entah karena tidak sempat waktunya ataupun tidak merasa lapar di pagi hari. Ternyata breakfast penting sekali untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian anda. Usahakan breakfast anda mengandung karbohidrat, protein, mineral dan vitamin.

breakfast

Apa yang dimaksud dengan breakfast?

Terdiri dari 2 kata yaitu break yang berarti istirahat dan fast yang berarti puasa. Dan kalau digabung breakfast mengandung makna buka puasa. Buka puasa disini beda dengan puasa yang diyakini oleh teman-teman kita yang beragama muslim.

Puasa disini adalah dimana kita telah berhenti makan dari jam makan malam sampai dengan waktu kita bangun pagi, semisal anda terakhir makan jam 7 malam dan bangun jam 7 pagi berarti anda telah berpuasa selama 12 jam. Selama tidur tubuh kita tidak menerima makanan dan minuman bukan.

Memulai hari dengan breakfast ternyata merupakan kunci agar tubuh kita dapat berfungsi dengan baik. Selain sebagai sumber energy awal ternyata juga untuk memenuhi kebutuhan gizi harian.

Menjalani hari tanpa breakfast bisa membuat


  • Sulit konsentrasi
  • Tubuh lemas dan lesu
  • Kurang bersemangat
  • Menurunkan produktifitas

Pentingnya breakfast adalah karena waktu kita tidur gula darah kita akan rendah dan apa yang kita makan pertama kali setelah perut kita kosong menjadi sangat penting. Jangan biasakan breakfast dengan menu tinggi gula dan lemak jenuh dikarenakan akan berakibat dengan  melonjaknya gula darah.

Baca juga :



Selain itu dibawah ini beberapa point tambahan pentingnya breakfast :

1.Sumber energy awal
Breakfast yang sehat dan tinggi serat dinilai bisa membuat kita menjalani hari dengan penuh semangat. Dikarenakan energy yang dihasilkan dalam menunjang aktivitas kita.

2.Memenuhi kebutuhan nutrisi harian
Setiap harinya tubuh kita memerlukan nutrisi yang baik untuk menjalankan fungsi-fungsi organ tubuh agar semuanya dapat berjalan dengan baik dan sebagaimana mestinya.

3.Mencegah penyakit maag
Bagi anda yang mempunyai sakit maag sangat tidak disarankan untuk skip breakfast, karena bisa membantu mengisi lambung dan menetralisir asam lambung.

4.Mencegah diabetes
Bagi orang yang melewatkan breakfast akan memiliki resiko resisten terhadap insulin yang lebih besar sehingga akan meningkatkan pula kemungkinan terkena diabetes di masa yang akan datang.

5.Menjaga nafsu makan
Orang yang breakfast secara rutin terbukti lebih bisa menahan lapar sampai jam makan siang, sehingga akan mengurangi ngemil-ngemil.

6.Mencegah makan berlebih saat makan siang
Anda tidak akan kalap saat makan siang karena telah mengisi perut di pagi hari terlebih dahulu.

Benarkah melewatkan breakfast bisa membuat tubuh lebih cepat turun berat badan?

Ternyata tidak sepenuhnya bisa dikatakan benar seperti itu, semua tergantung lagi dari asupan kalori harian tubuh anda. Mengapa sering dikaitkan dengan breakfast, karena bagi sebagian orang yang melewatkan breakfast dan melakukan banyak aktivitas terkadang akan lebih kalap dalam makan siang. Hal seperti inilah yang  terkadang membuat susah untuk turun berat badan.

Apabila artikel ini sekiranya cukup membantu dan informatif tolong dibantu share ke teman-teman ya, terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel