Perut Buncit Membandel? Mungkin Ini Yang Jadi Penyebabnya - Papiilio

Perut Buncit Membandel? Mungkin Ini Yang Jadi Penyebabnya

11 Penyebab perut buncit tidak mau pergi-pergi

perut-buncit-membandel

Mungkin anda suda mencoba segala jenis diet dan olahraga tetapi masih bingung mengapa perut belum rata ataupun sixpack? Mungkin di bawah ini bisa menjadi penyebabnya :

1.Lemak berlebih

Bisa ga sih vegetarian memiliki perut buncit? Jawabannya adalah tetap bisa.
Mengapa demikian? Bukannya kl makan buah dan sayur saja tidak bisa bikin gemuk? Dalam buah dan sayur-sayuran pun masi mengandung yang namanya kalori. Selama asupan kalori harian berlebih maka selama itu pula masi ad kemungkinan menjadi gemuk dan perut buncit.

makanan-penyebab-buncit


Lemak tubuh bukan berasal dari karbohidrat saja ya, jadi lebih baik rubah pola pikirnya dari sekarang bagi anda yang masi sering menyalahkan nasi putih dan sumber-sumber karbohidrat lainnya atas penyebab perut buncit anda.

2.Faktor genetik

Setiap masing-masing tubuh memiliki karakter dan ciri khas nya masing-masing. Kenali dulu tipe tubuh mana yang anda miliki agar lebih nyaman dalam menyesuaikan kebutuhan baik itu makan atau olahraga.

tipe-perut-buncit


Endomorph

  • Metabolisme tubuh lebih lambat
  • Memiliki lemak tubuh lebih tinggi dan tulang yang lebih besar
  • Memiliki tubuh gemuk, lebar di bagian paha, pinggang dan perut
  • Memiliki bentuk tubuh seperti buah pir, serta tangan dan kaki cenderung lebih pendek


Ectomorph

  • Bentuk tubuh tinggi dengan leher ramping
  • Pergelangan tangan dan kaki kecil
  • Pinggang, pinggul dan pundak kecil
  • Sulit mengembangkan otot

Mesomorph

  • Bertulang besar, berotot, bahu lebar, pinggang sempit
  • Metabolism cepat
  • Mudah menurunkan berat badan

3.Kalori kotor

Walaupun asupan kalori harian di bawah angka yang diperlukan untuk deficit kalori. Tetap perlu memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi.

makanan-penyebab-kebuncitan


Sebagai contohnya batas kalori harian 2000 kcal, dan anda mengkonsumsi hanya 1700 kcal tapi dengan catatan mengkonsumsi makanan dengan gula tinggi, lemak jenuh dan kalori kotor maka itu akan berpengaruh terhadap penimbunan lemak yang ada di tubuh kita.

Karena ketika mengkonsumsi kalori kotor insulin akan meningkat, semakin tinggi angka insulin dalam jangka waktu lama, akan merubah kondisi tubuh kita juga. Hal ini juga yang akan menambah kemampuan tubuh dalam menimbun lemak semakin lama

Baca ini : Cara menghilangkan perut buncit secara gampang

4.Stress

Saat stress maka tubuh kita akan memproduksi hormon cortisol


hormon-penyebab-buncit


Manfaat hormon cortisol ini adalah :

  • Mengontrol gula darah
  • Mengatur keseimbangan cairan tubuh
  • Mengurangi inflamasi
Ketika hormon ini tinggi akan turut serta berpengaruh ke insulin kita. Stress yang dimaksud disini bukan hanya pada saat anda galau, patah hati ataupun nangis-nangis ya.

Stress juga bisa terjadi di saat :

  • Kelaparan
  • Kedinginan
  • Diet extreme
  • Negative thinking
  • Detoks tubuh yang berlebihan
  • Marah
  • Sedih
  • Dan masih banyak lagi yang bisa memicu stress.


5.Dehidrasi

kekurangan-air-menyebabkan-buncit

Komposisi tubuh kita terdiri dari 65% cairan, ketika dehidrasi dalam jangka waktu yang lama maka badan akan masuk panic mode.

Salah satu tehnik tubuh dalam bertahan hidup, maka setelah itu mengirim signal ke otak agar menimbun air di dalam tubuh dalam jumlah yang banyak. Jadi ketika kita makan dengan jenis makanan apapun yang mengandung air maka air tersebut akan disimpan di dalam tubuh. Terkadang kita sebut ini dengan gemuk air.


 6.Alergi makanan

Nah untuk yang satu ini berhubungan dengan golongan darah kita masing-masing ya. Tahukah anda masing-masing golongan darah memiliki beberapa jenis makanan yang tidak cocok dengan tubuh kita yang dapat menyebabkan perut kita buncit walaupun hanya bersifat sementara. Tapi jika anda mengkonsumsi makanan ini secara terus menerus tentu hasilnya sudah diketahui bukan apa yang terjadi dengan perut buncit anda akan lebih susah untuk dihilangkan.

Baca ini : Pola makan Raw Food yang menyehatkan

7.Perut terisi penuh

Pasti anda pernah kalap waktu makan bukan, mungkin saat liburan ataupun hari raya. Waktu  kita makan terlalu banyak dan belum di olah oleh tubuh tentu saja perut kita akan terlihat lebih besar bukan. Hal ini tentu saja wajar sekali terjadi dikarenakan tempat penampungan di dalam tubuh kita sedang terisi penuh.


8.Kebersihan usus

menjaga-usus-agar-tidak-perut-buncit

Ketika usus kotor di dinding usus banyk lemak dan kolestrol yang menempel. Jadi sewaktu kita konsumsi makanan yang baik atau sehat akan terkontaminasi ketika mencapai usus. Jadi jika selama ini anda telah berusaha diet dan telah berhasil menurunkan lemak tubuh tetapi perut ny masih saja terlihat buncit, mungkin bisa mencoba dengan menjaga kebersihan usus dengan pola makan yang sehat dan seimbang.

9.Kyphosis

kyphosis-perut-buncit

Kelainan pada lengkungan tulang belakang yang membuat punggung bagian atas terlihat lebih bulat ataupun bengkok.

10.Lordosis

lordosis-perut-buncit

Kelainan pada tulang belakang punggung bagian bawah yang melengkung secara berlebihan.

11.Menstruasi

Yang ini khusus untuk wanita dan tidak semua mengalaminya. Ini berhubungan dengan cairan tubuh dan inflamasi selama masa menstruasi. Bisa saja ini terjadi akibat perubahan hormon tubuh.

Baca juga :



Sekiranya artikel tentang perut buncit ini membantu boleh di share ke teman-temannya ya, terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel