Pendidikan Anak Sejak Usia Dini, Seberapa Pentingnya dan Manfaat yang Didapatkan - Papiilio

Pendidikan Anak Sejak Usia Dini, Seberapa Pentingnya dan Manfaat yang Didapatkan

PAUD atau Pendidikan Anak Usia Dini

pendidikan-anak-usia-dini


Kata-kata ini mungkin akrab terdengar di telinga orang tua jaman sekarang. Tapi taukah anda artinya dari PAUD itu sendiri?

Pembinaan awal sebelum anak mendapatkan pendidikan dasar. Biasanya untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak dapat lebih siap dalam menjalani pendidikan yang lebih lanjut.

Bedanya pendidikan jaman dulu dimulai saat kita masuk TK, tapi jaman sekarang pendidikan dimulai dengan usia anak yang lebih muda bisa dimulai dari usia 1 tahun. Cukup mengejutkan ya tetapi itulah yang terjadi di jaman sekarang dikarenakan meningkatnya standar pendidikan.

Pendidikan anak merupakan investasi jangka panjang yang dapat diberikan oleh orang tua. Terlebih saat golden age ( masa dimana anak mengalami tumbuh kembang yang sangat pesat terutama pada kecerdasan otaknya ) diyakini pada usia anak 0-4 tahun.

PAUD dipercaya bisa mengoptimalisasi perkembangan anak sesuai dengan usianya. Dimana akan diajarkan cara berkomunikasi, melakukan eksperimen serta malakukan observasi.

Bagi orang tua yang keduanya bekerja mungkin PAUD bisa menjadi salah satu solusi terbaik. Tak jarang saya melihat ada anak 2 tahun yang sudah memulai PAUD. Dikarenakan kedua orang tuanya tidak memiliki waktu yang cukup dalam mengajari anak sehari-hari. Hal ini berfungsi agar anak tetap dapat belajar dan mendapat stimulasi yang akan baik bagi perkembangannya.

Tapi perlu diperhatikan juga adalah kesiapan dari anak kita masing-masing. Jangan memaksakan apabila sekiranya anak kita masih belum siap dan juga jangan dibandingkan dengan anak seusianya.

Baca juga : Tips meningkatkan konsentrasi pada anak

Usia ideal anak mengikuti PAUD?

Sampai saat ini belum ada takaran pasti tentang usia ideal anak mengikuti PAUD, tergantung pada kesiapan anak dan kesediaan dari orang tua. Namun berdasar pakar anak bisa mulai pada saat usia 4 tahun.

Apakah ada tanda-tanda bahwa anak kita telah siap mengikuti PAUD?


  • Bisa menggunakan toilet sendiri
  • Bisa makan sendiri
  • Berani berkomunikasi dengan orang lain
  • Bisa jauh dari orang tua

Seberapa perlunya pendidikan anak sejak usia dini?

Pada usia anak 0-6 tahun sangat mudah dalam menyerap informasi yang berada di sekitarnya. Sehingga apa yang diajarkan baik oleh orang tua ataupun orang-orang di sekelilingnya sangat mempengaruhi tumbuh kembang anak tersebut. Itulah mengapa diperlukan contoh yang baik bagi anak agar dapat meniru hal yang baik-baik pula.

Pada waktu anak belajar di tempat PAUD, akan diajarkan persiapan-persiapan yang diperlukan untuk masuk ke dalam pendidikan formal. Selain itu juga membantu mengembangkan motoric halus dan kasar, dan juga menanamkan bahwa belajar itu sesuatu hal yang menyenangkan.

pentingnya-pengajaran-anak-sejak-usia-dini

Pentingnya bagi anak untuk mengikuti pendidikan anak sejak usia dini


  • Membentuk karakter anak sehingga dapat beradaptasi dengan lingkungan yang semakin hari semakin berkembang dan semakin luas
  • Untuk memberitahukan anak pentingnya edukasi sehingga dapat mengembangkan potensi-potensi tersembunyi di dalam diri anak
  • Untuk mengasah keterampilan dan dapat disalurkan secara baik dan benar
  • Untuk mendeteksi secara lebih awal apabila terjadi gangguan dalam tumbuh kembang anak

Materi yang di ajarkan saat pendidikan anak usia dini


  1. Mengenal angka dan huruf
  2. Mengenal bentuk-bentuk
  3. Belajar caranya bersosialiasi
  4. Belajar menghormati orang lain
  5. Belajar caranya mandiri
  6. Belajar caranya menghargai sesama
  7. Belajar caranya beradaptasi dengan lingkungan baru

Selain itu pendidikan anak sejak usia dini dipercaya dapat membantu anak agar lebih siap memasuki masa di taman kanak-kanak.

Baca ini : Cara mengatasi anak yang kecanduan terhadap gadget

Keuntungan dan kerugian mengikuti PAUD

Keuntungan yang didapat :

  1. Mendapat stimulus sejak usia dini sehingga lebih cepat mengerti
  2. Fokus terhadap perkembangan intelegensi anak
  3. Diperkenalkan bahasa lain selain bahasa Indonesia ( seperti bahasa inggris atau mandarin )
  4. Dapat mengembangkan bakat dan kemampuan
  5. Mengasah kreativitas anak

Kerugian yang didapat :

  1. Anak yang giat belajar akan terlalu focus pada sisi intelegensi sehingga melupakan sosialiasi
  2. Kurangnya waktu bermain
  3. Kurangnya waktu bersama orang tua
  4. Pengaruh lingkungan baru yang belum tentu sesuai dengan yang di ajarkan di rumah
  5. Apabila ada yang sedang sakit gampang tertular
Kesiapan finansial orang tua juga diperlukan bagi mereka yang telah memutuskan anaknya untuk mengikuti PAUD, dikarenakan biaya yang diperlukan bisa dibilang tidak sedikit. Oleh karena itu perlu pertimbangan yang matang.

Cara memilih pre school buat anak

1.Lingkungan yang nyaman
Dengan lingkungan tempat belajar yang nyaman akan membuat anak senang dan menyebabkan bertambahnya fokus dalam belajar. Perhatikan juga dari segi kebersihan dan kelengkapan sarana dan prasarana yang disiapkan.

2.Pengajar yang bersertifikat dan profesional di bidangnya
Pengajar yang kompeten di bidangnya akan menuntun anak kita menjadi lebih baik juga. Pengajar selain harus memiliki kemampuan dalam mengembangkan potensi anak juga mesti mempunyai kemampuan dalam membuat nyaman anak sehingga akan memperlancar proses belajar mengajar.

3.Penggunaan kurikulum pelajaran
Tiap sekolah mempunyai standarnya masing-masing. Sebelum memutuskan alangkah baiknya mencari tahu terlebih dahulu agar bisa dipastikan cocok dengan anak kita.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel