Sugar Rush, Benarkah Menyebabkan Anak Menjadi Hiperaktif? - Papiilio

Sugar Rush, Benarkah Menyebabkan Anak Menjadi Hiperaktif?

Sugar rush pada anak, kenali penyebab dan solusinya

makanan-manis-penyebab-sugar-rush

Pernahkah anda melihat anak-anak di pesta yang berlarian kesana kemari bermain dan tidak lelah-lelah. Bisa jadi karena mereka habis mengkonsumsi makanan manis. Lalu apakah benar itu yang namanya sugar rush? Apakah sugar rush beneran fakta atau hanya mitos?

Apa yang dimaksud dengan sugar rush?

Sugar rush adalah suatu kondisi dimana anak akan menjadi sangat aktif dikarenakan meningkatnya energi di dalam tubuh mereka sehabis mengkonsumsi makanan manis yang memiliki indeks glisemik yang tinggi. Makanan yang memiliki kadar glisemik tinggi terbukti dapat meningkatkan kadar gula dengan cepat, tapi tidak akan bertahan lama.

Bagi anak-anak tentu sangat menikmati makanan manis, terus mengapa makanan manis menjadi berbahaya? Selama di konsumsi dengan takaran yang tidak berlebih, aman-aman saja bagi anak untuk mengkonsumsi makanan manis. Yang tidak dianjurkan adalah dimana anak terlalu banyak mengkonsumsi makanan manis sehingga melewati batas toleransi harian yang diperlukan oleh tubuh.

Ini tidak hanya berlaku bagi makanan manis ya, segala sesuatu apabila dikonsumsi terlalu berlebihan bakal mempunyai efek samping bagi tubuh.

Makanan manis berlebih akan menyebabkan :

1.Diabetes
Selain disebabkan oleh factor turunan, pastinya diabetes lebih tinggi resiko nya bagi orang yang suka sekali mengkonsumsi makanan yang manis.

2.Obesitas
Pada anak-anak usia dini yang hobi makan manis sering kita temui yang namanya kelebihan berat badan. Mengapa makanan manis memicu obesitas? Karena kalori yang terdapat di dalam makanan manis biasanya cukup tinggi, sehingga apabila di konsumsi secara terus menerus dalam jangka waktu yang lama pastinya akan mengalami kenaikan berat badan.

Baca ini : Tanda-tanda anak mengalami obesitas dan cara mengatasinya

3.Kerusakan pada gigi
Dibalik rasanya yang manis ternyata gula akan dirubah menjadi asam di dalam rongga mulut oleh bakteri sehingga bisa menyebabkan kerusakan pada gigi.

Solusi mengatasi sugar rush :

1.Membatasi asupan makanan manis
Bukan melarang sama sekali tidak boleh makan manis, memberikan batasan dan pemahaman tentang makanan manis dan gula bisa menjadi cara terbaik bagi anak agar mengerti mengapa kita membatasi makanan nya.

2.Mengurangi makanan yang mengandung pemanis buatan
Sesuatu yang alami lebih baik dibanding yang tidak, pemanis buatan banyak terdapat di permen, minuman botol, minuman bersoda dan es krim. Sebaiknya orang tua dapat memperhatikan jenis-jenis nya sehingga dapat membantu mengontrol.

Baca juga :
Tips mengatasi sesak nafas pada anak
Tips membuat demam anak cepat mereda
Tips mengatasi anak rewel yang sedang tumbuh gigi

Benarkah sugar rush membuat anak menjadi hiperaktif?

Bagi anak yang mengalami ADHD ( Attention Deficit-Hyperactive Disorder ) sangat tidak disarankan mengkonsumsi makanan yang mengandung pemanis buatan. Dikarenakan gula dapat menyebabkan anak menjadi hiperaktif. Tapi faktanya belum ada penelitian ilmiah yang secara pasti membuktikan bahwa sugar rush bisa menyebabkan anak menjadi hiperaktif.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel