Anda Ibu Menyusui? Yuk Simak Suka Dukanya - Papiilio

Anda Ibu Menyusui? Yuk Simak Suka Dukanya

Suka duka ibu menyusui

Dapat memberikan ASI exclusif merupakan impian bagi setiap ibu ya. Yuk mari kita lihat apa aja sih kira-kira suka dan dukanya bagi ibu yang menyusui.

suka duka ibu menyusui


Sukanya :

1.Bonding Time
Kegiatan menyusui merupakan saat intim dimana dapat meningkatan ikatan emsoi antara ibu dan anak. Saat meyusui secara langsung bayi anda akan memberikan tatapan mata yang indah, memegang jari anda, sambil bergelayutan mesra. Sungguh kegiatan yang menyenangkan sekali yang hanya bisa didapat saat menyusui secara langsung.

2.Si Kecil Sehat Karena di beri ASI
ASI adalah makanan terbaik bagi bayi dimasa 1000 hari pertama kehidupannya. Bersyukurlah bagi para ibu yang diberikan ASI yang banyak dan berlimpah. Selain itu bisa juga meningkatkan kekebalan tubuh anak dalam mengatasi penyakit.

Selengkapnya : Pentingnya ASI untuk si kecil

3.Bisa memandangi si kecil tidur
Setelah selesai dengan proses menyusui dan bayi telah kenyang pastinya bayi akan terlelap. Memandang wajah bayi disaat tidur merupakan momen-momen yang membahagiakan.

4.Tidak capek-capek mencuci botol
Bagi BuSui tidak perlu kegiatan yang namanya mencuci dan mensterilkan botol. Cukup menghemat waktu tanpa adanya kegiatan ini sehingga dapat mengisi waktu ny dengan beristirahat.

5.Kantong tidak jebol untuk membeli susu formula
Nah ini sih yang senang suaminya yah, dapat menghemat pengeluaran bulanan karena bayi tidak membutuhkan susu formula. Jadi dananya bisa dialokasikan untuk keperluan yang lain seperti pampers atau untuk membeli mainan kelak.



Dukanya :

1.Puting Lecet
Di saat awal bayi baru pertama kali menyusui tidak mungkin langsung lihai, tidak jarang putting ibu bakalan menjadi lecet. Jangan trauma ya bagi BuSui, namanya juga anak kita masi dalam tahap pembelajaran. Wajar saja bila masi belum bisa atau masi salah-salah.

2.Kurang tidur
Ini keluhan paling umum dan paling sering terdengar, BuSui harus siap sedia kapanpun anak mulai rewel dan ingin menyusui dikarenakan telah lapar. Perlu diketahui bagi bayi yang baru lahir intensitas menyusui nya bisa 2 jam sekali. Cara mengakalinya adalah disaat anak sudah selesai menyusui dan tidur, maka ibunya perlu beristirahat juga, jangan malahan main instagram ya.



3.Masitis
Masitis adalah peradangan yang terjadi di jaringan payudara ibu yang disebabkan oleh :

Infeksi bakteri, bisa berasal dari permukaan kulit payudara ataupun dari mulut bayi.
Karena saluran ASI yang tersumbat biasanya dikarenakan ada sisa yang mengendap.
Menyusui hanya menggunaka satu payudara
Putting mengalami lecet atau luka
Memakai bra yang kekecilan
Kelelahan
Frekuensi menyusui tidak teratur
Mempunyai riwayat masitis di masa lalu

Tanda-tanda Masitis :
Gatal di daerah payudara
Terasa perih saat menyusui
Ukuran payudara berbeda satu dengan yang lain
Mengeluarkan nanah
Demam

4.Stock ASIP kejar tayang
Dikarenakan menyusui langsung biasanya ibu tidak sempat pompa asi atau sudah terlanjur lelah sehingga malas untuk memompa asi lagi. Oleh karena itu stock asi di kulkas pun akan lambat bertambahnya. Mengapa ibu perlu stock asi di kulkas? Ya untuk menjaga-jaga apabila suatu saat si ibu dalam kondisi tidak bisa memberikan asi mungkin dikarenakan kesibukan atau lagi sakit.

5.Badan encok efek dari side-lying
Side-lying merupakan gaya popular BuSui nih. Selain nyantai juga bisa dilakukan sembari tidur. Tapi lama kelamaan ya pasti encok ya dikarenakan posisi tidur miring seperti ini. Sebaiknya dalam tempo beberapa saat bisa melakukan peregangan badan dulu.

Baca juga :



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel